Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro Cagar Alam Sibolangit | <!--Can't find substitution for tag [blog.Title]--> Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro: Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit

Info :  Rental Rudi  Medan , Phone : 08126323021 - 082277093636 / BB : 25DAAB36


Wisata Cagar alam Sibolangit merupakan satu kesatuan kawasan dan Taman Wisata Sibolangit. Secara administratif terletak di Desa Sibolangit Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang. Jarak kawasan ini dari Medan (Ibukota Propinsi Sumatera Utara) diperkirakan 40 Km dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum selama lebih kurang 1 jam perjalanan.


SEJARAH
Pada tahun 1914 Tuan J.A Lorzing mendirikan Kebun Raya Sibolangit, sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor. Kemudian pada tanggal 10 Maret 1938 Kawasan Kebun Raya Sibolangit tersebut ditetapkan statusnya menjadi Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Z.b No. 37/PK. Barulah pada tahun 1980 menurut Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 636/Kpts/Um/9/1980 sebagian kawasan Cagar Alam Sibolangit (seluas 24,85 Ha) dialih fungsikan menjadi Kawasan Taman Wisata Sibolangit. Dengan demikian Kawasan Cagar Alam Sibolangit hanya tinggal 85,15 Ha dan sampai sekarang belum ada perubahan.

FLORA DAN FAUNA
Potensi vegetasi tidak jauh beda dengan yang ada di Kawasan Taman Wisata Sibolangit, yang didominasi oleh pohon-pohon besar seperti Angsan (Pterocarpus indicus), Nyamplung (Calophyllum inophillum), Meranti (Shorea sp), dll. Juga terdapat jenis tanaman palem dan pinang, durian hutan.
Demikian halnya dengan fauna, yang sering dijumpai adalah jenis kera dan lutung disamping juga jenis-jenis lainnya seperti : Babi Hutan, Kancil, Trenggiling, Kus-Kus, burung Rangkong, dan lain-lain.

  
Angsan (Pterocarpus indicus)                                  Nyamplung (Calophyllum inophillum)




 Meranti (Shorea sp)


Fauna


            
Kera                                                                                     Lutung                                                            




  
                                                             









Kus-Kus


Sumber : http://www.dephut.go.id/ dan sumber lainnya

Have Nice Trip
 

Parapat-Samosir Hotel

Samosir Villa & Resort

Medan Hotel

Garuda Plaza

Brastagi Hotel

Grand Mutiara