Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro Makam Yang Bersejarah | <!--Can't find substitution for tag [blog.Title]--> Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro: Makam Yang Bersejarah

Makam Yang Bersejarah

Info : Rental Rudi Medan , Phone : 08126323021 - 082277093636 / BB : 25DAAB36


Makam Papan Tinggi di Kecamatan Barus

Secara umum potensi wisata sejarah – cagar budaya di Kabupaten Tapanuli Tengah meliputi keindahan situs makam yang berhubungan dengan masuknya agama Islam dan Kristen melalui Barus – Kabupaten Tapanuli Tengah di Indonesia, makam Pahlawan Nasional Dr. Ferdinand Lumbantobing dan berbagai bukti perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia di bumi Tapanuli Tengah, Provinsi Sumatera Utara.

1. Makam Papan Tinggi di Kecamatan Barus

Makam Papan Tinggi ini terletak di Desa Penanggahan Kecamatan Barus, berada di atas bukit dan harus menempuh 710 anak tangga. Dari seluruh makam syekh yang ada di Barus ini, makam ini lah yang paling tinggi tempat keberadaannya, yakni bekisar 200 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

Untuk mencapai ke lokasi makam ini, sebelumnya di kaki bukit terdapat pancuran air untuk membersihkan diri atau mengambil air wudhuk. Setelah itu, kita menaiki tangga yang sudah dibuat secara permanen sebanyak lebih kurang 710 anak tangga atau sekitar 145 meter.
Pemandangan dari bukit pemakaman terlihat panorama yang indah, sekelilingnya adalah hutan bercampur dengan hamparan sawah yang menghijau dan asri. Pemandangan lautan biru juga terhampar menakjubkan yang mengelilingi Kabupaten Tapanuli Tengah terlihat sangat indah
Makam Papan Tinggi di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah
Makam Papan Tinggi dan Sumur Kecil disekitarnya
Tangga menuju Makam Papan Tinggi

2. Makam Mahligai di Kecamatan Barus
Makam Mahligai adalah tempat yang terdapat tumpukan-tumpukan kuburan tua. Lokasinya di Desa Aek Dakka, Kecamatan Barus luasnya ± 3 (tiga) Ha letaknya di atas bukit tidak jauh dari lokasi Makam Papan Tinggi hanya berkisar 3 km. Nama makam Mahligai berasal dari kata ‘Mahligai’ yang sama dengan istana kecil pada zaman dahulu. Kemudian nama tersebut biasa disebut dengan MAKAM MAHLIGAI.
Di makam Mahligai ini juga terdapat makam Syech Imam Khotil Muazamsyah Biktibai Syech Samsuddin Min Biladil Fansury (dari negeri Fansyuri) dan Syech Zainal Abidin, Syech Ilyas, Syech Samsuddin, serta makam-makam lainnya yang juga disebut-sebut sebagai pengikutnya.
Makam Mahligai di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah

3. Makam Tuan Syech Magdum di Kecamatan Barus
Makam Tuan Syech Maqdum, jaraknya tidak jauh dari pinggiran jalan raya, masih di Desa Bukit Patu Pangan, sekitar 500 meter kearah pantai menuju pusat Kecamatan Barus. Untuk menuju makam ini kita juga harus menaiki sekitar 80 anak tangga. Di makam ini juga terdapat makam lainnya yang disebut-sebut sebagai para pengikutnya.
Luas area pemakaman sekitar 421,18 m2, dengan ketinggian ± 5 meter dari permukaan laut.
Komplek Makam Tuan Syech Magdum di Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah

4. Makam Tuan Ambar di Kecamatan Barus Utara
Untuk mengunjungi makam Tuan Ambar yang lokasinya sekitar 200 m dari tepi jalan melintasi kebun coklat milik penduduk, di Desa Panangahan Kecamatan Barus Utara. Di komplek makam ini, sepertinya batu nisan yang sudah tidak terbenam lagi yang pernah ditemukan ditempat yang sama atau sekitarnya telah dikumpulkan dan dideretkan. Tidak ada batu nisan yang bertarikh di komplek yang telah dipugar ini dan hanya satu batu nisan yang memuat nama almarhum.

Komplek Makam Tuan Ambar di Kecamatan Barus Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah

5. Makam Tuan Ibrahim Syah di Kecamatan Barus
Makam Tuan Ibrahim Syah atau Syech Batu Badan ini terdapat di Simpang Tiga Bukit Desa Patu Pangan, berdekatan dengan Makam Papan Tinggi dan berjarak hanya berkisar 300 meter. Diatas makam ini, ada batu papan yang memanjang dari arah kepala hingga ke kaki, dengan kata lain panjangnya kuburan tersebut diatasnya ada batu untuk menghimpit makam tersebut.
Menurut ceritanya, makam Ibrahim Syah wafat pada tahun 825 Hijrah, merupakan raja pertama di Barus, beliau wafat karena dibunuh musuhnya dan didalam makam tersebut sengaja dihimpitkan sebuah batu supaya jangan di bongkar orang usil dan iseng.

 

Parapat-Samosir Hotel

Samosir Villa & Resort

Medan Hotel

Garuda Plaza

Brastagi Hotel

Grand Mutiara