Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro Liang Tojok dan Liang Karing, Potensi Wisata Daerah Pakpak Barat | <!--Can't find substitution for tag [blog.Title]--> Rental Mobil Medan Pro Rental Mobil Medan Pro: Liang Tojok dan Liang Karing, Potensi Wisata Daerah Pakpak Barat

Liang Tojok dan Liang Karing, Potensi Wisata Daerah Pakpak Barat

Indahnya INDONESIAKU


Pakpak Barat mempunyai lokasi wisata yang bagus dan keren yang tersembunyi.



LIANG TOJOK
Liang Tojok berada di Jambu, kecamatan Siempat Rube Pakpak Bharat tepatnya di desa Mungkur dengan jarak kurang lebih 9 Km dari ibukota kecamatan. Liang Tojok berpotensi menjadi objek wisata karena disekitarnya memiliki keindahan panorama alam yang menarik seperti adanya air terjun dengan tinggi sekitar 20 meter dan yang paling menarik adalah gua yang cukup dalam sepanjang 30 meter. Gua ini diberi nama oleh masyarakat setempat dengan sebutan "Liang Tojok". Kata liang adalah bahasa Pakpak yang artinya Gua.

Sampai saat ini belum ada fasilitas pendukung yang dibangun untuk mengembangkan objek wisata Liang Tojok. Jalan menuju lokasi belum terawat dan hanya berupa jalan setapak. Jika dikembangkan objek wisata Liang Tojok akan menambah koleksi unggulan Pakpak Bharat yang mungkin akan segera dikembangkan. Karena prioritas pemerintah saat ini adalah mengembangkan objek wisata Lae Simbilulu di kecamatan Tinada, Lae Une di kecamatan PGGS dan Eluh Berru Tinambunen di Kecamatan Sitellu Tali Urang julu (STU Julu).

LIANG KARING
Liang karing berada di Kecamatan Kerajaan Pakpak Bharat dengan jarak sekitar 800 meter dari jalan raya. Sama dengan Liang Tojok Liang Karing merupkan sebuah gua (liang). Keunikan Liang Karing adalah adanya legenda yang melatarbelakangi gua ini. Karing adalah nama seorang tokoh dari batang hari dimana pada jaman dahulu dia disebut Datu Mbellen (Pendekar Terkenal). Konon Karing memelihara seekor harimau (biahat), seekor beruang (geppul) dan seekor ular besar (nipe) yang setia menemaninya dan menjadi pembantunya sehari-hari. Gua tempat tinggal karing kemudian diberi nama dengan Liang Karing (Gua Karing).

Seperti Liang Tojok, Liang Karing mungkin juga jarang kita dengar. Hal ini karena tempat-tempat tersebut belum ada fasilitas pendukung yang dibangun serta tidak adanya promosi sehingga kebanyakan orang termasuk yang tinggal di Kabupaten Pakpak Bharat sendiri tidak tau dengan tempat-tempat ini.

Termasuk penulis belum pernah ke lokasi kedua tempat ini, hanya tau tempat ini dari cerita-cerita masyarakat setempat. Sehingga tulisan ini belum memiliki photo-photonya. Photo diatas hanya photo sementara sebagai ilustrasi tempat ini.

Jika ada pembaca yang berasal dari kedua tempat ini dan memiliki koleksi photo liang Tojok dan Liang Karing, silahkan kirimkan kepada kami untuk dimuat di halaman ini. Liasate.

(Photo ilustrasi: Gua Pindul, Jogjakarta)
 

Parapat-Samosir Hotel

Samosir Villa & Resort

Medan Hotel

Garuda Plaza

Brastagi Hotel

Grand Mutiara